KADINKES RIAU LAKUKAN PEMBEKALAN TENTANG "KAMPUS SEHAT" BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AWALBROS PEKANBARU

Memaparkan materi dengan tema “Kampus Sehat” Kadinkes Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes menjadi Narasumber pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Awal Bros yang diselenggarakan di Kampus Universitas Awal Bros Pekanbaru. Rabu (14/9/2022)

Dalam kurun 30 tahun terakhir terjadi perubahan pola penyakit terkait perilaku dan pola hidup masyarakat terutama malas bergerak, pola makan yang tidak sehat, kebiasaan merokok dan tidak melakukan deteksi dini penyakit. 

Untuk membudayakan pola hidup sehat diperlukan peran lintas sektor dan seluruh aktor pembangunan termasuk masyarakat serta keterlibatan akademisi dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan untuk mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari diperlukan seperti : Melakukan aktifitas fisik secara rutin setiap hari, Tidak Merokok, Membudayakan konsumsi buah dan sayur setiap hari, Tidak mengkonsumsi alcohol dan zat adiktif lainnya, Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali, serta Pengelolaan Stres secara baik.

Beban ganda penyakit yang ada di Indonesia mengisyarakatkan semakin pentingnya upaya promotif dan preventif yang dilakukan sejak dini. Kampus sebagai tempat belajar dan bekerja berpotensi sebagai tempat pembentukan pola hidup sehat dan sejahtera. 

Penerapan perilaku hidup sehat ini selain dalam keluarga juga dilakukan ditatanan sekolah dan juga di perguruan tinggi yang dinamakan "Kampus Sehat" dimana  terdapat 7 tema yaitu : Literasi Kesehatan (termasuk keamanan berkendara, penggunaan helm, perilaku seks interaksi social), Aktifitas Fisik, Pola Makan Sehat, Kesehatan Mental, Area Bebas Narkoba dan Tembakau Serta Alcohol, Area Bebas Dari Kekerasan Perundungan Dan Pelecehan, Pembentukan Lingkungan Hidup Sehat, Aman dan Ramah Disabilitas.

“Kesehatan merupakan kondisi yang sempurna dan sejahtera dari fisik, mental dan social yang tidak hanya terbatas dari sakit dan penyakit, dan memungkinkan setiap individu untuk produktif secara ekonomi” ujar Kadinkes Riau, untuk itu perilaku hidup sehat harus menjadi budaya dimanapun kita berada termasuk di lingkungan  kampus.  Selain itu juga diharapkan peran kampus dapat menjadi contoh penerapan pola hidup sehat sekaligus menjadi agent of change bagi masyarakat dilingkungannya.

kategori_berita