KONAS KE XV dan Forum Ilmiah Tahunan ke VII Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Tahun 2022

Kadinkes Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes mewakili Gubri pada Pembukaan Kongres Nasional ke-XV dan Forum Ilmiah Tahunan ke VIII Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Tahun 2022 di Provinsi Riau. Grand Labersa Hotel, Kamis (24/11/2022).

Dinkes Riau Ajak OPD di Pemprov Riau Untuk Test Kebugaran

Dinkes Prov Riau melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga melakukan Test Kebugaran ASN dan THL di Halaman Diskominfo dan Bapedalitbang Provinsi Riau. Kamis (03/11/2022).


Memiliki tubuh yang sehat saja tidaklah cukup. Selain sehat, tubuh kita juga harus bugar. Dengan kondisi bugar seseorang bisa menjadi lebih produktif. 

Gubri Syamsuar hadiri Gerakan Aksi Bergizi di halaman SMAN 8 Pekanbaru, Rabu (26/10/2022).

Gerakan Aksi Bergizi adalah salah satu intervensi sebelum kelahiran, merupakan salah satu intervensi di dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting dengan indikator remaja putri menerima atau mengonsumsi tablet tambah darah dengan target 90%.

Gerakan ini sudah dilakukan di beberapa kabupaten sejak 2018, gerakan ini dilaksanakan atas inisiasi UNICEF karena masih tingginya kasus anemia pada remaja putri.

Lokakarya Scalling Up Breakthrough Action for Covid-19, Tampilkan Dumai dan Kampar Sebagai Piloting Project 2022

Program Breakthrough ACTION (BA) for COVID-19 adalah program kerjasama pemerintah Indonesia melalui Direktorat Promkes Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan dan Johns Hopkins Center for Communication Program (JHCCP) selaku implementing Agency dan  lembaga donor USAid, dengan lingkup kegiatan komunikasi perubahan sosial dan perilaku terkait dengan penerimaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Upaya penting yang akan dilakukan diantaranya kegiatan kampanye, program pelibatan masyarakat, serta Qualitative Rapid Assessment untuk memastikan bahwa program berjalan sesuai dengan tujuan.

Dinkes Prov Riau Selenggarakan Pelatihan Gizi Bencana dan Rencana Kontingensi Tingkat Provinsi Riau Antisipasi Titik Kritis Masalah Gizi

Kabid Kesmas Yaneliza, SKM, M.Kes mewakili Kadinkes Riau membuka kegiatan Pelatihan  Gizi Bencana Dan Rencana Kontigensi Tingkat Provinsi  Riau Tanggal 5-7 Oktober Tahun 2022 yang diselenggarakan di Angkasa Garden Hotel Pekanbaru.

Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan  telah menetapkan dua jenis pelayanan dasar ditingkat  provinsi, yang mencakup pelayanan dasar kesehatan bagi penduduk berdampak krisis kesehatan akibat bencana atau berpotensi bencana, dan pelayanan kesehatan bagi penduduk pada kondisi kejadian luar biasa.

Kadiskes Harapkan Sekolah Sebagai Satu Kelompok Potensial dalam Pembudayaan Germas di Provinsi Riau

Kadinkes Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes berikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan Pertemuan Koordinasi Dan Peningkatan Kapasitas Di Tatanan Sekolah Dalam Membudayakan Germas Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 yang dilaksanakan di Angkasa Garden Hotel Pekanbaru. Rabu (5/10/2022)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta berbagai masalah kesehatan masih banyak yang perlu mendapatkan perhatian khusus di Indonesia. Pada usia sekolah, kondisi kesehtan saat ini mengalami double burden dimana tidak hanya terjadi masalah penyakit menular namun juga penyakit menular.

Kadinkes Riau Lakukan Pembekalan Tentang "Kampus Sehat" Bagi Mahasiswa Baru Universitas Awal Bros Pekanbaru

Memaparkan materi dengan tema “Kampus Sehat” Kadinkes Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes menjadi Narasumber pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Awal Bros yang diselenggarakan di Kampus Universitas Awal Bros Pekanbaru. Rabu (14/9/2022)

Dalam kurun 30 tahun terakhir terjadi perubahan pola penyakit terkait perilaku dan pola hidup masyarakat terutama malas bergerak, pola makan yang tidak sehat, kebiasaan merokok dan tidak melakukan deteksi dini penyakit.