Verifikasi Lapangan Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Melalui Pemanfaatan TOGA di Kabupaten Inhil, Kecamatan Pelangiran

Kabupaten Indragiri Hilir (dinkes.riau.go.id) - Pada tahun 2019, Kabupaten Inhil tepatnya di Desa Intan Mulya Jaya Kecamatan Pelangiran mewakili Provinsi Riau dalam Kategori Desa Terpencil. Dimana Tim Penilai Pusat yang di Pimpin oleh dr. Nur Indah, MKM beserta rombongan melakukan peninjauan secara langsung ke Desa Intan Mulya Jaya.

Desa Intan Mulya Jaya adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau yang terletak dibagian Wilayah Utara merupakan salah satu desa yang berada di transmigrasi yang didukung oleh Desa Trans lainnya. Desa intan Mulya Jaya dilihat secara umum keadaannya merupakan daerah daratan tanah gambut dengan perekonomian masyarakat adalah petani.

Kedatangan tim penilai Toga Kementerian Kesehatan RI yang disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Zainal Arifin, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Inhil, Tim Penilai Toga Provinsi Riau, Camat Pelangiran serta beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan juga menyerahkan sertifikat penghargaan Desa ODF (Open Defecation Free) kepada 10 Desa yang ada di Kecamatan Pelangiran. ODF merupakan penghargaan yang dianugerahkan bagi daerah yang dinilai telah menghentikan aksi buang air besar sembarangan.

Usai penyerahan penghargaan ODF, Bupati Inhil, HM Wardan bersama tim Toga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan rombongan lainnya berkesempatan melihat-lihat langsung tanaman obat keluarga Desa Intan Mulya Jaya, Kecamatan Pelangiran.

Selain meninjau Desa Intan Mulya Jaya, Tim juga melakukan kunjungan ke beberapa TOGA yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir diantaranya di Kantor Camat Pelangiran, Puskesmas Pelangiran serta di Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.