Training Supply Chain Management Dan Desentralisasi ARV Pada Program HIV/ AIDS

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) – Distribusi obat dilakukan berjenjang mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota sampai ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas PDP (Perawatan Dukungan dan Pengobatan).  Oleh karena itu dipandang perlu untuk melakukan Desentralisasi pengelolaan obat ARV di Kabupaten/Kota sehingga pengelolaan ARV sesuai dengan kebijakan pengelolaan obat program HIV/AIDS  di Indonesia.

Selasa (27/08/2019), Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Seksi P3M bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI yang dibiayai oleh The Global Fund ATM Komponen AIDS Kemenkes RI melaksanakan Workshop Supply Chain Management dan Desentralisasi ARV pada Program HIV AIDS di Hotel Grand Jatra Pekanbaru.

Acara dibuka secara langsung oleh Plh. Kadiskes Provinsi Riau dr. Yohanes, M. Si yang didampingi oleh Kabid P2P M. Ridwan, SKM, M. Kes dan Kasi P3M Yenvetris, SKM, M.Kes. Peserta dalam workshop ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari 24 orang PJ Program HIV/AIDS beserta PJ Farmasi, 2 orang peserta dari Provinsi dan 6 orang peserta dari Pusat.

Dalam laporannya ketua panitia yang disampaikan Yenvetris, SKM, M.Kes  mengungkapkan bahwa Tujuan dari dilaksanakan Desentralisasi Provinsi adalah untuk memperpendek rantai distribusi obat ARV, mengurangi stock out di layanan, menghindari over stock dan mempercepat pengiriman obat ARV.

dr. Yohanes, M. Si selaku Plh. Kadiskes Provinsi Riau dalam pidato sambutanya menjelaskan bahwa “terdapat 34 Provinsi yang ada di Indonesia telah dilakukan Desentralisasi Provinsi dan baru 12 Provinsi yang melakukan Desentralisasi Distribusi ARV tingkat Kabupaten/Kota” ungkapnya.

“Sehingga masih terdapat 22 Provinsi yang belum melaksanakan Desentralisasi Pengelolaan Obat ARV tingkat Kabupaten/Kota” ucapnya

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah memperioritaskan Provinsi Riau untuk pelaksanaan Traning Supply Chain Management tingkat Kabupaten/Kota, dimana Provinsi Riau merupakan Provinsi pertama dengan seluruh Kabupaten/Kota mendapatkan pelatihan.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.