Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Puskesmas, Dinkes Riau Gelar Pelatihan Manajemen Puskesmas Dengan Pendekatan Keluarga

Puskesmas sebagai unit utama pelaksana program kesehatan kepada masyarakat, memiliki peran yang sangat besar terhadap keberlangsungan kegiatan Manajemen Puskesmas dengan pendekatan keluarga. Upaya pendekatan keluarga tidak hanya berhenti pada pendataan kesehatan keluarga, namun dilanjutkan dengan analisis, perencanaan program kesehatan yang mengutamakan upaya promotif dan preventif serta intervensi kuratif-rehabilitatif  yang dibutuhkan.

Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan diwilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

Kamis, (04/04/2019). UPT Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Dinas Kesehatan Provinsi Riau adakan Pelatihan Manajemen Puskesmas dengan Pendekatan Keluarga angkatan I dan II yang diikuti 60 Peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha Puskesmas di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM saat kata sambutannya mengatakan “Upaya pendekatan keluarga tidak hanya berhenti pada pendataan kesehatan keluarga, namun dilanjutkan dengan analisis perencanaan program kesehatan yang mengutamakan upaya promotif dan preventif, serta intervensi kuratif sampai rehabilitatif yang dibutuhkan.”

 “Selain itu, kegiatan ini akan berpengaruh terhadap akreditasi Puskesmas sesuai dengan Permenkes 75 Tahun 2014 tentang Akreditasi Puskesmas. Untuk Provinsi Riau sendiri dari 216 Puskesmas yang ada, sekitar 174 Puskesmas yang sudah akreditasi, dan saya harapkan pada tahun 2019 ini semuanya sudah terakreditasi,” Ungkapnya.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.