Tinggi Dan Merata di Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Lakukan Koordinas Teknis Imunisasi Rutin dan Lanjutan

Cakupan imunisasi harus dipertahankan dan merata di seluruh wilayah. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan  terjadinya daerah kantong yang akan mempermudah terjadinya kejadian luar biasa (KLB).

Masalah lain yang harus dihadapi adalah munculnya kembali penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yang sebelumnya telah berhasil ditekan (reemerging diseases), maupun penyakit menular yang baru (new emerging diseases).

Agar terjalin koordinasi dengan Rumah Sakit, RB, Klinik Swasta dan BPS mandiri dalam menjangkau sasaran imunisasi rutin dan lanjutan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pertemuan Koordinasi Teknis Imunisasi Rutin dan Lanjutan Tingkat Provinsi Riau bertempat di Hotel Jatra Pekanbaru, Jumat (12/07/2019).

Pertemuan yang diikuti sebanyak 63 peserta ini selain terjalin koordinasi dapat meningkatkan cakupan dan pemerataan jangkauan pelayanan, baik yang di Fasyankes Swasta Kota Pekanbaru, maupun yang mengjangkau daerah sulit sehingga diharapkan dengan kegiatan pertemuan ini dapat mengidentifikasi segala permasalahan yang muncul dilapangan dalam pelaksanaan imunisasi rutin dan lanjutan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit M.Ridwan, SKM, M.Kes saat mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan saat sambutannya “Dalam rangka mencapai cakupan imunisasi yang tinggi dan merata disetiap wilayah, kami menghimbau seluruh Kabupaten/Kota dapat mengamati secara cermat, hambatan utama yang ada dimasing-masing daerah dalam pelaksanaan program imunisasi,” ujarnya.

Selain itu, Pemerintah daerah juga diminta untuk dapat menggerakkan sumber daya semua sektor terkait termasuk swasta, dan menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi rutin lengkap, sehingga mau dan mampu mendatangi tempat pelayanan imunisasi.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.