Siak, Rohul dan Pekanbaru Wakili Provinsi Riau Dalam Penilaian Kabupaten Kota Sehat Tahun 2019

Kabupaten/Kota Sehat (KKS) merupakan suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui Forum atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada. Forum tersebut disebut “FORUM KABUPATEN/KOTA SEHAT” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa.

Senin, (12/08/2019). Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO didampingi Tim Verifikasi Lapangan tiba di Provinsi Riau untuk melakukan peninjauan langsung ke sejumlah titik Kabupaten yang terpilih untuk mewakili Provinsi Riau. Peninjauan lapangan dilakukan guna mencocokkan data dari dokumen yang dikirim oleh Kabupaten terpilih dengan fakta-fakta yang ada di lapangan.

dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO mengatakan “tim verifikator KKS Pusat telah melakukan verifikasi dokumen terhadap 202 usulan Kabupaten/Kota dari 29 Provinsi yang mengajukan untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Tahun 2019. Dari 202 usulan Kabupaten/Kota tersebut diperoleh 165 Kabupaten/Kota yang lolos verifikasi dokumen termasuk diantaranya Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hulu serta Kota Pekanbaru dan akan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Verifikasi Pusat.

Bidang Kesehatan menjadi beban sementara dalam penilaian tatanan bukan hanya Kesehatan yang berperan namun kementerian dan lainnya berperan dalam penilaian.

Untuk itu, Rencananya Tim Verifikasi Lapangan akan turun langsung dari tanggal 12 sampai dengan 16 Agustus 2019 ke 3 (Tiga) Kabupaten Kota terpilih di Provinsi Riau. Tim Verifikasi Lapangan Kemenkes RI didampingi Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi Riau dalam melakukan Verifikasi Lapangan.

“Dari hasil yang didapat masih ada yang perlu diperbaiki dalam menuju Kabupaten Kota Sehat, seperti salah satunya Forum Kabupaten Kota Sehat masih banyak yang berstatus Aparatur Sipil Negara sedangkan dalam syaratnya Forum Kabupaten Kota Sehat hanya 10 persen yang boleh bahkan kalau bisa semuanya masyarakat umum yang tidak berstatus ASN”, Ujar Tim Verifikasi Lapangan Kemenkes RI.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.