Satu-satunya di Riau, Kepulauan Meranti Menjadi Kabupaten Pertama Penuhi Universal Health Coverage (UHC) Program JKN

Kini Kepulauan Meranti patut menjadi percontohon dalam Capaian Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional. Pasalnya Kepulauan Meranti berhasil mengintegrasikan peserta Jamkesda sejumlah 44.265 Jiwa kedalam Program JKN-KIS sebagai Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBI Daerah) dengan skema iuran Budged Sharing (sebesar 50% : 50%) antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Kab/Kota. Jumlah cakupan penduduk yang telah terdaftar kedalam Program JKN-KIS untuk seluruh segmen kepesertaan di Kabupaten Kep. Meranti Periode Bulan April 2019 adalah sebanyak 203.051 jiwa atau 97.34% dari Jumlah penduduk sebanyak 208.580 jiwa dan menjadi Kabupaten pertama yang mencapai UHC di Provinsi Riau.

Dengan tercapainya UHC Jaminan Kesehatan di Kepulauan Meranti ini, pada Rabu (08/05/19) bertempat di AFIFA BALLROOM Selat Panjang, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi, Siswandi memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kepulauan Meranti yang langsung diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim disaksikan oleh Ketua DPRD Kep.Meranti H. Fauzy Hasan dan Sekretaris Daerah Kab. Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis, SE, MM dalam acara Peluncuran Universal Health Coverage (UHC) Kepersetaan JKN - KIS Kab. Kepulauan Meranti.

Pada acara penyerahan penghargaan ini, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr. Yohanes, M.Si, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Asisten III Setda Kab Meranti H. Rosdaner, Staf Ahli Bupati H. Askandar dan Jajaran Pejabat OPD/Instansi terkait, Kadis Kesehatan Meranti drg. Ruswita para Camat se-Kabupaten Kep. Meranti serta Kepala Puskesmas se-Kab. Kep. Meranti.

Siswandi selaku Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kepulauan Meranti atas komitmen di bidang kesehatan dengan mendaftarkan penduduknya sebagai peserta JKN-KIS serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau untuk mendorong Pemerintah Kab/Kota sejak tahun 2015 hingga saat ini.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim dalam pidatonya juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kerjasamanya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Meranti. Ia berharap Deklarasi UHC ini semakin memperkuat sinergi dan komitmen bersama para pihak terkait untuk memberikan jaminan dan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, karena Program JKN merupakan Program strategis nasional. Lebih jauh disampaikan Wakil Bupati, masalah kesehatan bagi Pemkab Meranti menjadi sangat prinsip apalagi ditengah kondisi Meranti yang berpulau, masih banyak Desa yang terisolir yang cukup sulit mendapat pelayanan kesehatan maksimal.

Namun kedepan dengan akan beroperasinya kapal Roll On Roll Off (RoRo) yang menghubungkan Insit Laut Tebing Tinggi-Pelabuhan Buton Siak, aksesbilitas masyarakat tidak tergantung lagi dengan jadwal kapal yang yang ada dan otomatis akan memberikan pengaruh besar terhadap pelayanan kesehatan masyarakat.

Di akhir sambutannya, Wakil Bupati Kepulauan Meranti juga mengharapkan Semoga dengan Pencapaian UHC di Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga dapat menginspirasi Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Riau untuk memperluas cakupan kepesertaan JKN-KIS.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.