Rangkul ORMAS dan Dunia Usaha, Demi Wujudkan Derajat Kesehatan Masyarakat Riau Yang Optimal

Pada saat ini orang-orang yang bekerja di sektor kesehatan harus menyadari bahwa diluar sektor kesehatan terdapat banyak peluang yang berasal dari sistem, lembaga-lembaga dan individu-individu yang bergerak diberbagai bidang. Sebaliknya orang-orang yang bekerja diluar sektor kesehatan harus menyadari bahwa kegiatan-kegiatan mereka berdampak terhadap kesehatan masyarakat.

Kesadaran-kesadaran tersebut akan menimbulkan keyakinan bahwa kemitraan dibidang kesehatan sangat penting untuk digalang demi keberhasilan pembangunan nasional secara keseluruhan. Kemitraan dikalangan lembaga-lembaga pemerintah penting dikembangkan dalam rangka mencegah kemungkinan terjadi dampak negatif dari kegiatan-kegiatan pembangunan terhadap derajat kesehatan masyarakat.

Selasa, (14/03/2019). Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Bidang Kesehatan Masyarakat lakukan penggalangan organisasi masyarakat dan dunia usaha untuk mendukung kesehatan di Provinsi Riau bertempat di Sultan Resto Pekanbaru, yang dihadiri sebanyak 36 peserta yang terdiri dari ORMAS dan Dunia Usaha.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Rozita mengatakan “kemitraan sektor kesehatan dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) perlu digalang agar LSM-LSM dapat memberikan kontribusi yang lebih nyata bagi kesehatan masyarakat seperti upaya-upaya keluarga berencana, kesehatan remaja, promosi kesehatan dan lain-lain.

“Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan pencapaian sasaran distrategi pembangunan kesehatan 2015 s/d 2020, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyrakat yang optimal, meningkatkan percepatan, efektifitas dan efisiensi upaya kesehatan dan upaya pembangunan pada umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Drs. Dedi Parlaungan, Apt selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat juga mengatakan “ kemitraan antara sektor kesehatan dengan individu-individu pemuka masyarakat (Opinion Leaders) karena opinion leaders memiliki potensi untuk melakukan advokasi, komunikasi dan pendidikan kepada masyarakat, para pengambil keputusan, dunia usaha dan pihak-pihak terkait. Sedangkan kemitraan antara sektor kesehatan dengan kelompok masyarakat perlu dikembangkan agar masyarakat turut berperan aktif dalam pembangunan kesehatan,” ungkapnya.

“Perlu diketahui juga, sampai saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau sudah bekerja sama dengan melakukan MOU dengan 13 dari Organisasi Masyarakat dan Dunia Usaha yang akan diperpanjang sekali 5 tahun.”

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.