Pertemuan Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Riau

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) – Dalam rangka mencapai derjat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, pembangunan kesehatan harus diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat setiap orang, dimana faktor penyebab utama permasalahan kesehatan adalah perilaku masyarakat, oleh  sebab itu masyarakat sendirilah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan pendampingan atau bimbingan dari pemerintah.

Kamis (7/12/2017), Dinas Kesehatanan Provinsi Riau mengadakan Pertemuan Pokjanal Posyandu tingkat Provinsi Riau di UPT. Laboraturium Kesehatan di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Tujuan dari pertemuan ini diadakan untuk mengkoordinasikan berbagai upayah pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja Posyandu,secara operasional dilakukan oleh unit atau kelompok pengelolah Posyandu di desa, melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh tim Pokja Posyandu.

Peserta dalam pertemuan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari lintas sektor dan lintas program yang ada di Tingkat Provinsi Riau. Pertemuan Pokjanal Posyandu tingkat Provinsi Riau ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Drs. Dedi Parlaungan, Apt yang didampingi oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Rozita serta narasumber pusat R. Danu Ramadicyoselaku Staf Seksi Pengorganisasian Masyarakatdari Direktorat Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI

“Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang di kelolah dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi”. Ungkap Drs. Dedi Parlaungan, Apt selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat

Dalam pelaksanaannya, Posyandu memerlukan pembinaan bukan hanya dari sektor kesehatan saja, melainkan dari berbagai lintas sektor dan lintas program terkait agar terjamin kelestariannya.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.