PERTEMUAN PENINGKATAN LAYANAN TB RESISTEN OBAT MELALUI KOHORT REVIEW PROVINSI RIAU

Provinsi Riau, dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau melaksanakan kegiatan pertemuan peningkatan layanan tb resisten obat melalui kohort review dengan mengundang 39 orang peserta dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum 12 kab/kota dan Dinkes Provinsi Riau.

            Pada saat ini, penyakit TBC ini semakin meluas, yang dibuktikan dengan terdapatnya kasus TB Resisten Obat. Untuk itu kita mesti mewaspadai sehingga tidak tambah meluas melalui peningkatan layanan TB Resisten Obat Melalui Kohort Review.

Standarisasi pelayanan TB RO sangat dibutuhkan agar tatalaksana yang dilakukan benar-benar sesuai pedoman dan standar baku yang telah ditetapkan Kementerian kesehatan RI

Kegagalan pengobatan, tingginya angka Lost to follow up pasien masih menjadi permasalahan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hasil pengobatan dan menurunkan angka loss to follow up adalah dengan melakukan review sistematis secara rutin dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait melalui Telaah Kohort rutin.

Telaah Kohort dikembangkan sebagai alat untuk mengetahui berbagai kebutuhan program, dilakukan setiap triwulan dan relative “real-time”. Kegiatan ini meliputi langkah-langkah sederhana dalam mereview hasil data dan memberikan peluang untuk mendapatkan umpan balik, baik untuk Petugas Kesehatan yang mengobati maupun pengelola program.

            Pembahasan Telaah Kohort setiap pasien akan memberikan gambaran individu selama dan pada selesainya pengobatan, apakah teridentifikasi masalah klinis atau hambatan program yang menurunkan kualitas perawatan dan mengakibatkan hasil yang tidak optimal. Kegagalan pengobatan atau pelayanan tidak sesuai standar akan menyebabkan risiko peningkatan transmisi dan pengembangan TB XDR.

            Acara yang dilaksanakan selama 3 hari, 28-30 Agustus 2019 di Hotel Royal Asnof Pekanbaru ini, dibuka oleh Yenvetris, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mewakili Plh. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah Mengevaluasi kualitas proses pelayanan TB RO di RSUD Arifin Achmad, Meningkatkan kualitas layanan TB RO di RSUD Arifin Achmad, Memonitoring proses dan hasil akhir pengobatan pasien TB RO, Memastikan pencatatan dan pelaporan terupdate dan lengkap.

 

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.