Pertemuan Peningkatan Kemampuan SDM Dalam Melakukan Inspeksi Sarana, Surveilance Produk Dan Pengendalian Perizinan Sarana

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) - Dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten di bidang pembinaan dan pengawasan alat kesehatan dan PKRT khususnya kegiatan inspeksi sarana, surveillance produk maupun pengendalian perizinan, maka perlu adanya kegiatan terkait Peningkatan Kamampuan SDM dalam melakukan Inspeksi Sarana, Surveilance Produk dan Pengendalian Perizinan.

Untuk itu, Rabu (09/10/2019) Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Seksi Kefarmasian dan Alkes mengadakan Pertemuan peningkatan kemampuan SDM dalam melakukan inspeksi sarana, surveillance produk dan pengendalian perizinan sarana tahun anggaran 2019. Pertemuan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM yang didampingi oleh Kepala Seksi Kefarmasian dan Alkes Nurul Fadillah,  S. Si,  Apt, M. Si selaku ketua panitia di Hotel Premiere Pekanbaru.

Pengawasan Alat Kesehatan dan PKRT mempunyai peran dalam menjamin alat kesehatan dan PKRT aman, bermutu, dan bermamfaat, yang dilaksanakan melalui pengendalian pre market dan post market.

Pengendalian pre market (pre market control) dilaksanakan diantaranya melalui kegiatan peningkatan registrasi sertifikat produksi Alkes/PKRT dan Izin PAK, pemenuhan sertifikat CPAKB, CPPKRTB dan CDAKB dan penguatan standar produk, sedangkan pengawasan post market (post market control) dilaksanakan diantaranya  melalui kegiatan inspeksi, serveilance produk dan pengawasan iklan.

Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM selaku Kepala Dina Kesehatan Provinsi Riau dalam pidato sambutanya menyampaikan harapanya bahwa “dengan laksanankannya kegiatan ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran petugas daerah dalam pembinaan dan pengawasan alat kesehatan dan PKRT di wilayah masing-masing”.

 "Sebelum peserta terjun langsung ke lapangan dalam hal melakukan pengawasan tentu perlu dibekali tentang bagaimana pemeriksaan dan pengawasan" tegas beliau.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau sendiri dalam laporan ketua panitia Nurul Fadillah,  S. Si,  Apt, M. Si selaku Kepala Seksi Kefarmasian dan Alkes menyampaikan bahwa “dalam pertemuan ini peserta yang di undang adalah dari Dinas Kesehatan Kab/Kota 24 (Dua Puluh Empat) orang, peserta dari Gakeslab Provinsi Riau 1 (Satu) orang, peserta dari Penyalur Alat Kesehatan 5 (Lima) orang dan peserta dari Provinsi 4 (Empat) orang” ungkapnya.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.