Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Dan Evaluasi DAK

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir,  Apt. MM yang didampingi oleh Plt. Sekretaris Dinkes Achamd Jajuli, SKM, MKM membuka acara Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi DAK Provinsi Riau Tahun 2019 di Hotel Grand Zuri Pekanbaru, Selasa (08/10/2019).

Dimana Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan salah satu kewajiban Pemerintah Pusat kepada daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi fiskal, dimana tujuan khusus dari Dana Tranfer DAK adalah untuk mendanai kegiatan yang menjadi prioritas Nasional dan menjadi urusan Daerah.

Dalam Pidato sambutannya Mimi Yuliani Nazir selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau menjelaskan bahwa “Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Kesehatan adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang difokuskan pada penurunan angka kematian ibu, bayi dan anak, penanggulangan masalah gizi serta pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan terutama untuk pelayanan kesehatan penduduk miskin,  penduduk di daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan kepulauan serta daerah bermasalah kesehatan” jelasnya.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwa perlunya pemantauan dan evaluasi sesuai dengan Permenkes No. 3 Tahun 2019 menyebutkan bahwa kementerian kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan pemantauan dan evaluasi secara berjenjang sesuai tugas dan kewenangan masing-masing terhadap pelaksanaan DAK Fisik maupun Non Fisik” ujarnya.

Diakhir pidato sambutannya beliau menyampaikan bahwa “dengan adanya pelaksanaan pengguaan DAK perlunya koodinasi, kolaborasi antar bidang satu dengan bidang yang lain dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di Daerah masing-masing” harapnya.

Pertemuan ini diikuti oleh 100 orang peserta dengan kriteria sebagai pengelola BOK, Subbag.  Perencanaan, Yankes dan Farmasi Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit Daerah dari 12 Kabupaten/Kota dan Provinsi. Dimana pelaksanaan kegiatan akan dimulai dari tanggal 8 - 10 Oktober 2019 di Hotel Grand Zuri Pekanbaru dengan pemateri dari Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan RI, Ditjen Kesmas, Yankes, P2P dan Farmalkes serta dari Dinas Kesehatan Provinsi itu sendiri.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.