Pelatihan Penanggulangan TB Bagi Petugas Kesehatan Di Faskes Tingkat Pertama

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, TB masih merupakan penyakit menular dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke 2 untuk kasus TB terbanyak di dunia.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pelatihan Penanggulangan Tuberkulosis Bagi Petugas Kesehatan Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Di Provinsi Riau yang diadakan di Hotel New Hollywood Pekanbaru.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 orang Dokter dan 17 orang Paramedis yang berasal dari 9 Kab/Kota di Provinsi Riau ini berlangsung dari tanggal 21 – 24 Agustus 2017.

Selain untuk melatih peserta untuk mampu mengelola penanggulangan TB di fasilitas kesehatan primer sesuai dengan Peraturan Kementrian Kesehatan Nomor 67 Tahun 2016, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan komitmen para stakeholder, pengambil keputusan, pelaksana, serta pembuat perencanaan untuk program TB.

Berbagai cara telah dilakukan untuk mewujudkan target Indonesia bebas TB di tahun 2035 salah satunya dengan TOSS TB (Temukan TB Obati Sampai Sembuh) dengan diadakannya gerakan Ketuk Pintu yang tahun ini meraih rekor Muri dengan dilakukan sebanyak 11.236. Jumlah orang yang sudah di skrining dan di edukasi sebanyak 22.153, jumlah pasien TB BTA pos yang dikunjungi untuk pemeriksaan kontak sebanyak 959.  Dari gerakan tersebut ditemukan sebanyak 3.146 orang yang memiliki gejala TB dan sebanyak 2.659 yang telah dirujuk ke Puskesmas. Hasil dari pemeriksaan, terdapat 91 kasus BTA Positif, 24 BTA Negatif Rontgen Positif serta 8 kasus Extra Paru.

Dukungan Pemerintah Daerah juga ditunjukkan dalam eliminasi TB. Salah satunya dari Kabupaten Siak yang membuat Peraturan Bupati Siak Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Pemberantasan dan eliminasi Tuberkulosis di Kabupaten Siak.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.