Ketua TP-PKK Provinsi Riau Bersama Kadinkes Meninjau Langsung Desa Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Yang Masuk Nominasi Empat Besar Lomba TOGA Tk. Nasional

Minggu (24/09/2017). Desa Tanjung Kuras masuk nominasi 4 (empat) besar lomba taman obat keluarga atau biasa disebut TOGA di tingkat Nasional kategori desa terpencil. Ketua TP-PKK Sisilita Arsyadjuliandi Rachman beserta anggota PKK lainnya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM meninjau langsung lokasi tersebut.

Pelayanan Kesehatan Tradisional saat ini semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini didukung oleh kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia. Pelayanan kesehatan yang saat ini dapat dimanfaatkan dalam pemeliharaan kesehatan secara mandiri salah satunya adalah TOGA (Taman Obat Keluarga) dan akupresur yang merupakan salah satu cara pengobatan tradisional.

Desa Tanjung Kuras sendiri mempunyai kurang lebih 30 keluarga binaan Taman Obat Keluarga (TOGA) ini. Rencana yang akan dinilai oleh Tim Penilai Nasional pada tanggal 4 s/d 6 Oktober 2017 nanti.

Camat Sungai Apit Suparni S.Sos mengatakan “Ini merupakan suatu wujud nyata, desa tanjung kuras sudah terbiasa untuk peduli terhadap tanaman-tanaman obat keluarga ini dan Alhamdulillah kami sudah berhasil membudidayakan 102 jenis tanaman obat keluarga ini yang ditanam secara mandiri maupun kelompok yang dikawal lintas sektoral sehingga dapat kita lihat hari ini secara seksama”, Katanya.

“Kami juga sudah menjual sebagian produk tanaman obat keluarga ini walaupun tidak dalam kapasitas banyak tetapi paling tidak telah memenuhi kebutuhan masyarakat tempatan kecamatan Sungai Apit yang kami pasarkan setiap hari rabu”, Tambahnya.

Ibu Ketua TP-PKK Provinsi Riau Sisilita Arsyadjuliandi Rachman mengucapkan “Selamat kepada Kecamatan Sungai Apit Desa Tanjung Kuras ini telah masuk nominasi 4 (empat) besar, semoga dapat mengharumkan nama Provinsi Riau dikancah Nasional seperti Desa Seresam Kabupaten Indragiri Hulu pada tahun 2016 lalu yang meraih Juara I Tingkat Nasional”.

Selain itu “Mudah-mudahan produk unggulan tanaman obat keluarga Desa Tanjung Kuras ini tidak hanya dipasarkan di sekitar sungai apit saja tetapi di Provinsi lain, Nasional maupun Luar Negri. Terus tingkatkan khususnya tanaman herbal organik itu karena sangat baik untuk kesehatan”, Ungkapnya.

 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.