Kemenkes Bersama Dinkes Riau Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kepada Masyarakat Desa Sumber Makmur Kampar

Kampar – Selasa, (26/02/2018). Tim Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkolaborasi untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Desa Sumber Makmur, Tapung, Kampar.

Sebelum melakukan kegiatan sosialisasi, Tim Kemenkes RI didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dra. Dedi Parlaungan, Apt dan Tim Dinas Kesehatan Provinsi Riau  melakukan koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Kampar.

Selain melakukan kegiatan sosialisasi Tim Kemenkes RI yang dipimpin oleh dr. Safaat Hutagalung lakukan pembinaan terhadap Puskesmas Tapung tentang GERMAS dan program pelayanan kesehatan kepada lansia sehingga menjadikan Puskesmas Tapung menjadi Puskesmas Santun Usila.

Setelah itu, Tim Kemenkes RI bersama Tim Dinkes Provinsi Riau menuju lokasi yang akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini. Pada kegiatan tersebut dihadiri sebanyak kurang lebih 100 orang.

Acara sosialisasi ini digelar bertujuan untuk menciptakan warga yang makmur melalui kesehatan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) serta membasmi dan  mencegah berbagai penyakit di lingkungan masyarakat.

Dr. Safaat selaku ketua tim yang ditugaskan untuk mensosialisasikan GERMAS mengatakan “Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih terus menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya masalah kesehatan terutama Stunting, TBC, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi”.

Safaat menjelaskan bahwa program sosialisasi GERMAS ini mempunyai maksud untuk mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dengan cara memakan makanan yang sehat, beraktivitas minimal 30 menit dalam sehari, pengecekkan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali, serta jauhi rokok dan minimum berakohol.

Penyakit merupakan ancaman terbesar bagi kehidupan, baik penyakit menular dan tidak menular, karena itu masyarakat harus menyadari bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting, dan GERMAS merupakan prilaku yang menghindarkan kita dari penyakit,” Ucap Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Dedi Parlaungan, Apt.

Selain itu Dedi juga menjelaskan tentang pentingnya 1000 masa pertama kehidupan, pada masa 1000 hari pertama kehidupan, dibutuhkan perlindungan secara menyeluruh. Selain nutrisi dan stimulasi, kebersihan pun harus sangat diperhatikan. Baik kebersihan makanan bayi, maupun peralatan makannya.

Acara dilanjutkan makan buah bersama dan terakhir penandatanganan kesepakatan menerapkan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.