Kefarmasian dan Alkes Dinkes Riau lakukan Kegiatan Edukasi Gerakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT Yang Benar

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) – Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah penduduk terbesar di Dunia yaitu kurang lebih 250 juta jiwa yang menjadikannya sebagai pasar terbesar Dunia khususnya ASEAN untu alat kesehatan.

Berdasarkan data market share yang ada, 93% alat kesehatan yang beredar di Indonesia merupakan produk impor. Hal tersebut sangat tidak mendukung terhadap kemandirian Nasional terhadap alat kesehatan maupun ketahanan ekonomi nasional.

Rabu (14/08/2019), Dinkes Riau melalui Seksi Kefarmasian dan Alkes melaksanakan   kegiatan Edukasi Gerakan Masyarakat terhadap penggunaan alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang benar di Hotel Premiere Pekanbaru. Pertemuan ini dilaksanankan selama 3 hari mulai dari tanggal 14-16 Agustus 2019 .

Pertemuan ini diikuti sebanyak 104 orang peserta dari 12 Kabupaten /Kota . peserta yang diikuti terdiri dari Kader Kesehatan, PKK, Puskesmas dan Dinas Kesehatan dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau. Pertemuan ini dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Dinkes Riau Achmad Jajuli, SKM, MKM yang didampingi oleh Kasi Kefarmasian dan Alkes Dinkes Riau Nurul Fadhilah,S.Si.Apt.M.Si dan 2 orang Narasumber dari Kemenkes RI.

Achmad Jajuli, SKM, MKM menjelaskan dalam pidato sambutanya bahwa “Kegiatan Edukasi Gerakan Masyarakat terhadap penggunaan alat kesehatan dan PKRT yang benar adalah hal yang mutlak dilakukan agar dapat mengendalikan harga alat kesehatan dan meningkatkan kemandirian nasional terhadap alat kesehatan dalam upaya kesehatan masyarakat” jelasnya.

Dalam hal penggunaan alat kesehatan yang aman, bermutu dan bermanfaat masih banyak ditemukan penggunaan yang salah ataupun tidak tepat guna. Kurangnya informasi penggunaan alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga yang benar sehingga perlunya adanya pembekalan untuk memberika pemahaman ke pada tenaga kesehatan dan masyarakat mengenai alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) produksi dalam negeri.

Achmad Jajuli, SKM, MKM juga menyampaikan harapannya “setelah mengikuti pertemuan sosialisasi ini peserta mampu dan mau khususnya kader–kader Kesehatan untuk mensosialisasikan kepada banyak masyarakat terkait edukasi mengenai penggunaan alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang benar” harapnya.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.