Kadinkes : “Sampai Saat Ini Belum Ada Laporan Kasus Pil PCC Di Riau”

“Sampai saat ini belum ditemukan laporan terkait kasus pil PCC (Paracetamol, Cafein, Carisoprodol) di Riau,” berikut yang diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM  saat Rapat Koordinasi bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, BPOM Pekanbaru, BNN Provinsi Riau, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Perwakilan Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Prov. Riau serta Gabungan Perusahan Farmasi Provinsi Riau terkait kasus Pil PCC di Aula Kadis pada Jumat pagi (22/09/2017).

Maraknya berita penyalahgunaan obat PCC (Paracetamol, Cafein, Carisoprodol) yang terjadi pada kalangan pelajar di Kendari sepekan terakhir, Kadinkes Provinsi Riau langsung bergerak cepat berkoordinasi dan menghimbau kepada Dinas Kabupaten/Kota, BPOM, BNN serta Lintas Sektor terkait agar terus melakukan pemeriksaan baik diklinik, apotek bahkan di sekolah-sekolah. Karena sasaran penggunaan pil ini adalah kalangan pelajar .

Kadinkes Kota Pekanbru Drg. Helda Suryani Munir M.kes mengatakan, ada sekitar 300 Apotek yang tersebar dipekanbaru dan ini terus menjadi pengawasan oleh pihaknya. “Kami juga akan membuat surat edaran untuk puskesmas yang ada dipekanbaru terkait pengawasan dan sosialisasi tetang pil PCC ini kepada masyarakat agar berhati-hati membeli obat secara umum.,” Tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua GP Farmasi H. Herman, SE menerangkan ,”sampai saat ini dari distributor resmi, kami belum dapat laporan terkait Pil PCC tersebut”.

Pada rapat tersebut, Kadinkes Prov.Riau juga meminta kepada Dinas Pendidikan agar dapat memberikan informasi kepada sekolah-sekolah tentang berita ini serta lebih seleksi terhadap jajanan yang ada disekitar sekolah. Karena selain PCC yang berbentuk pil juga terdapat jajanan yang mengandung obat/bahan berbahaya. Menanggapi hal tersebut, Widyaiswara Dinas Pendidikan Provinsi Riau Drs. Khalis Binsar, MM mengatakan, pihaknya telah melakukan himbauan ke pihak sekolah tentang berita pil PCC ini.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Riau juga mengajak seluruh Lintas Sektor terus mengawasi dan memantau masalah ini. Agar tidak terjadi keresahan di masyarakat Riau.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.