Kabupaten Rohil Raih 2 (dua) Kategori Penilaian Lomba Pemanfaatan TOGA dan Akupresur Tingkat Nasional Tahun 2019

Rokan Hilir (dinkes.riau.go.id) – Kedatangan tim penilai pusat tingkat Nasional ke Kabupaten Rokan Hilir dalam rangka Verifikasi Lapangan Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur tahun 2019 disambut langsung oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hilir Hj. Wan Mardiana Suyatno, Asisten I, Kepala OPD, Kabag. Humas dan Protokol, Kabag Kesra, Camat Bagan Sinembah, Camat Balai Jaya, Upika Kecamata Bagan Sinembah para Datuk Penghulu dan Masyarakat Bagan Batu, Rabu malam (11/09/2019) di Mess Pemerintahan Daerah Kabupaten Rohil Jalan Sudirman Bagan Batu.

Tahun 2019, Kabupaten Rohil yang terletak di Provinsi Riau merahi 2 (dua) kategori penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur dengan kategori kawasan Perdesaan dan Perkotaan. Dimana Kecamatan Balai Jaya wilayah kerja Puskesmas Balai Jaya yang dipusatkan di Kelompok Asuhan Mandiri TOGA dan Akupresur Kepenghuluan Balam Sempurna menjadi penilaian kategori kawasan Perdesaan sedangkan kategori kawasan Perkotaan diraih oleh Kecamatan Bagan Sinembah wilayah kerja Puskesmas Bagan Batu, Kepenghuluan Bayangkara Jaya.

Kamis pagi (12/09/2019), tim penilai pusat dibagi menjadi dua tim. Dimana tim penilai dengan kategori Perdesaan yang diketuai oleh dr. Ady Iswadi Thomas, MARS beserta rombongan berangkat menuju lokasi penilaiaan. Sedangkan  tim penilai kategori Perkotaan yang diketuai oleh Priatmo Triwibowo, SKM beserta rombongan didampingi oleh Bupati Rohil mulai melakukan peninjauan ke Puskesmas Bagan Batu untuk melakukan verifikasi lapangan terkait pemanfaatan TOGA dan Akupresur yang ada di Puskesmas tersebut. Peninjauan kemudian dilanjutkan ke Desa Bhayangkara Jaya Kecamatan Bagan Sinembah. Disana tim disambut dengan meriah oleh masyarakat dan anak-anak SD yang ada di Desa Bhayangkara Jaya.

Dalam pidato sambutannya H. Suyatno Bupati Rokan Hilir menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada kepenghuluan yang meraih kategori Perdesaan dan Perkotaan dalam Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur tahun 2019.

Beliau juga menyampaikan harapannya kepada tim penilai Pusat “untuk dapat menilai dengan sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya dengan harapan Pemerintah Provinsi Riau khususnya Kabupaten Rokan Hilir bias meraih juara 1 (satu) kategori kawasan Perdesaan maupun kategori Perkotaan” harapnya.

Tim penilai pusat didampingi oleh Bupati dan petugas Provinsi serta Kabupaten meninjau secara langsung Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ke rumah keluarga binaan dan ke kebun kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional. Disana tim penilai melakukan wawancara kepada Bupati, Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten, Petugas Puskesmas, Camat, Kepala Desa,  Kader, TP PKK serta Keluarga Binaan.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.