Dinkes Riau Kembali Selenggarakan Pelatihan Asuhan Mandiri Kestrad dan Akupresur Angkatan Ke II

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) – Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai kekayaan alam dan budaya yang telah dimanfaatkan sejak dulu kala. Pelayanan Kesehatan Tradisional adalah salah satu warisan budaya yang saat ini sedang dikembangkan dan sejalan dengan adanya tren “Gaya Hidup Kembali ke Alam” yang semakin diminati oleh kalangan masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan peningkatan kapasitas bagi petugas Puskesmas dalam Tatalaksana Asuhan Mandiri TOGA dan Akupresur.

Melakukan asuhan mandiri merupakan upaya mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif, yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga  dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan memanfaatkan TOGA dan ketrampilan, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri.

Puskesmas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan tradisional yang salah satunya adalah puskesmas yang melakukan pembinaan terhadap kelompok asuhan mandiri. Asuhan mandiri yang diselenggarakan oleh masyarakat dengan difasilitasi oleh tenaga kesehatan terlatih.

Minggu (25/08/2019), Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional kembali menyelenggarakan Pelatihan Asuhan Mandiri Kestrad dan Akupresur Angkatan II di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru.

Pembinaan asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan taman obat keluarga dan keterampilan dilakukan bersama antar lintas program kementerian dan lintas sektor kementerian terkait sesuai peran, tugas dan fungsi masing- masing melalui penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional.

Hal ini sesuai dengan Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Keterampilan menyatakan bahwa pelaksanaan asuhan mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Peserta pelatihan diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau berjumlah 20 orang, dimana pelatihan dilaksanankan mulai dari tanggal 25 s.d 30 Agustus 2019. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Plh. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dr. Yohanes, M. Si yang didampingi oleh Kepala Upt. BAPELKES Dra. Irbanita dan Kasi  Pengkajian Pengembangan dan Pengendalian Mutu Bambang Sutrisna, SKM, M.H

“Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong, menggerakkan, mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA dan akupresur untuk asuhan mandiri secara benar” harap dr. Yohanes, M. Si Plh. selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.