Dinkes Riau Adakan Pertemuan Perencanaan dan Penganggaran Demi Pembangunan Kesehatan di Kabupaten/Kota Provinsi Riau

Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 H ayat (1) dan UU no. 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Desentralisasi memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat dan wakil mereka untuk berpatisipasi aktif dalam menentukan dan memecahkan masalah kesehatan daerah dengan lebihh efektif dan efisien.

Dalam menghadapi era globalisasi serta untuk mengimbangi perkembangan tekhnologi guna meningkatkan daya saing Indonesia khususnya Provinsi Riau di tingkat nasional, regional dan internasional, Provinsi Riau masih dihadapkan akan beberapa persoalan antara lain.

  • Masih terbatasnya kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan guna mendukung penyelenggaraan sistem kesehatan nasional.
  • Masih terbatasnya kemampuan anggaran serta SDM Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran kesehatan.
  • Belum optimalnya pengendalian pengawasan dan penilaian pembangunan kesehatan.

Oleh sebab itu, Kamis (20/06/2019). Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan pertemuan dengan Perencana Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Provinsi Riau, bertempat di The Zuri Hotel Pekanbaru.

Pada kesempatan ini Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau Achmad Jajuli, SKM, MKM mengatakan “Kegiatan perencanaan dan penganggaran program pembangunan kesehatan sangat bermanfaat bagi jajaran kesehatan, mulai tingkat dasar, Kabupaten/Kota Provinsi, dan Pusat sesuai dengan tugas pokok dan kewenangan masing-masing tingkatan,” ujarnya.

“Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan guna mendukung penyelenggaraan Sistem Kesehatan Nasional dan meningkatkan kemampuan Provinsi khususnya Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran kesehatan,” kata Achmad Jajuli.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.