Dinkes Riau Adakan Pelatihan Pelaksanaan Imunisasi Rutin dan Pelatihan Kapasitas Tim Gerak Cepat (TGC) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) – Provinsi Riau merupakan Provinsi yang masih memiliki angka kejadian luar biasa (KLB) penyakit menular dan keracunan pangan yang cukup tinggi. Kondisi ini menyebabkan perlunya peningkatan system kewaspadaan dini dan respon terhadap KLB tersebut dengan langkah-langkah yang terprogram dan akurat sehingga proses penanggulangannya menjadi lebih cepat dan akurat.

Tahun 2018 terjadi 37 Kejadian Luar Biasa (KLB), dimana beberapa penyakit yang sering menjadi KLB diantaranya adalah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (Difteri, Campak, Rubella, Tetanus Neonaturum), penyakit zoonosis (Rabies), DBD, Malaria, Diare serta keracunan pangan yang sangat memerlukan respon penanggulangan yang cepat. Terjadinya peningkatan kasus penyakit yang berpotensi menimbulkan KLB, maka cakupan imunisasi harus dipertahankan tinggi dan merata diseluruh wilayah.  

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 tahun 2014 menyatakan bahwa Tim Gerak Cepat (TGC) adalah tim yang dibutuhkan dalah mendeteksi, merespon dan melaporkan KLB dan atau wabah oleh Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Untuk itu diperlukannya pelatihan bagi Tim Gerak Cepat (TGC) dan Petugas Imunisasi dalam meningkatkan kompetensi dalam pengambilan tindakan, membantu penanggulangan KLB atau wabah dilevel Kabupaten/Kota.

Senin (19/08/2019), Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Seksi Surveilain dan imunisasi melaksanankan sekaligus 2 (dua) acara Pelatihan Pelaksanaan Imunisasi Rutin angkatan I dan II dan Pelatihan Kapasitas Tim Gerak Cepat (TGC) Tingkat Provinsi Riau di Hotel Pesona Pekanbaru.

Pelatihan ini akan dilaksanankan selama 6 (enam) hari kerja mulai dari tanggal 19- 24 Agustus 2019. Peserta terdiri dari 60 orang peserta Pelatihan Pelaksanaan Imunisasi Rutin angkatan I dan II dari 12 Kabupaten/Kota dan 30 orang peserta Pelatihan Kapasitas Tim Gerak Cepat (TGC) dari 6 Kabupaten/ Kota.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau Achmad Jajuli, SKM, MKM yang didampingi oleh Kepala Upt. Bapelkes Dinkes Riau Dra. Irbanita dan Kepala Seksi Surveilain dan Imunisasi Dinkes Riau dr. Siska Handayani,M.Kes dan Kasi Penyelenggara Diklat Affan, S. Sos selaku ketua panitia.

Dalam pidato sambutannya Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau Achmad Jajuli, SKM, MKM mengharapkan “setelah selesai mengikuti pelatihan ini peserta harus mempunyai tata kelolah, tata laksanan yang menjadi lebih baik, sehingga pelaksanaan imunisasi dan Kapasitas Tim Gerak Cepat (TGC) nya mempunyai kualitas dan tidak hanya menuntut kuantitas saja” ucapnya.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.