Dinkes Provinsi Riau Adakan Sosialisasi GEMA CERMAT di Kabupaten Rokan Hilir

Rokan Hilir (dinkes.riau.go.id) – Dari data Susenas menunjukkan lebih dari 60% penduduk Indonesia melakukan swamedikasi. Dimana swamedikasi sendiri merupakan upaya pengobatan sendiri yang dilakukan oleh masyarakat sebelum mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan. Berdasarkan dari hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan 35,2% menyimpan obat di rumah tangga, dimana 86,1% dari obat yang disimpan tersebut adalah antibiotic yang diperoleh tanpa resep.

Swamedikasi secara tidak tepat dapat dilakukan karena berbagai hal seperti kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pengobatan, tingginya promosi obat oleh produsen melalui berbagai media, dan kurangnya informasi dari tenaga kesehatan. Untuk itu Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Rokan Hilir mengadakan Sosialisasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Kabupaten Rokan Hilir.

Sosialisasi Gema Cermat ini akan dilaksanaskan  selama 2 (dua) hari dimulai dari tanggal 24 s.d 25 April 2019 di Aula Hotel Lion Kabupaten Rokan Hilir. Acara ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan  Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM. Dimana dalam pidato sambutannya beliau mengungkapkan bahwa "Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat di Provinsi Riau telah dilakukan sejak tahun 2016, dimana Kabupaten Siak pada waktu itu adalah sebagai Pilot Project dari Kementerian Kesehatan dan dilanjutkan dengan sosialisasi ditingkat Provinsi yang telah dilakukan pada tahun 2017 di Kota Pekanbaru, Kab. Pelalawan serta Kabupaten Rokan Hulu” ungkapnya.

“Sedangkan pada tahun 2018 sosialisasi Gema Cermat telah dilaksanankan di Kabupaten Kampar serta Kabupaten Indragiri Hulu dan untuk tahun 2019, pada saat ini Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dilakukan di Kabupaten Rokan Hilir" sebutnya.

Beliau juga mengharapkan bahwa “dengan diadakannya kegiatan edukasi Gema Cermat di Kabupaten Rokan Hilir ini makin bertambahnya jumlah masyarakat, kader kesehatan dan tenaga kesehatan serta stake holder terkait yang tersosialisasikan tentang edukasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat sehingga masyarakat lebih cergas dalam mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar serta lebih cerdas dalam memilih dan menggunakan antibiotik” harapnya.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Rokan Hilir yang diwakili oleh Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir Ners. Dahniar, M. Kes serta narasumber dari PDIAI Sarina Uly, S. farm, Apt, Kemenkes RI Derektorat Pelayanan Kefarmasian Candra Lesmana, S.Farm, Apt dan Ketua Himpunan Farmasi Pusat Saleh Rustandi.

Dalam pidato sambutannya Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiludin yang mewakili Bupati Rokan Hilir mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang telah melaksanankan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat di Kabupaten Rokan Hilir.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 200 orang peserta dari Tenaga Apoteker yang akan menjadi Agent Of Change Kabupaten Rokan Hilir serta kader, organisasi profesi, tokoh masyarakat, Ormas dan masyarakat yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.