Dinkes Ajak Terapkan PHBS Untuk Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat dicapai dengan adanya kemandirian masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, adanya kebijakan publik yang berwawasan kesehatan, penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) di masyarakat dan pembinaan PHBS di rumah tangga merupakan salah satu indikator keberhasilan Desa/Kelurahan Siaga Aktif.

Berikut yang disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau dr.Ruswaldi Munir,Sp.KO saat mewakili Kepada Dinas dalam Pembukaan Pertemuan Peningkatan Kinerja Bagi Pengurus Pokja Kab/Kota Program Desa/Kelurahan Siaga Aktif dan Sosialisasi Pedoman Teknis Pemanfaatan Dana Desa Untuk UKBM Selasa pagi (19/09/2017).

dr.Ruswaldi Munir,Sp.KO yang didampingi Kepala Seksi Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Rozita selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa Dinas Kesehatan saat ini terus berperan aktif dalam setiap gerakan masyarakat dalam rangka mencapai perilaku hidup sehat individu, keluarga dan masyarakat.

“Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Desa/Kelurahan Siagara Aktif berdasarkan Tahapan Pratama 51%, Madya 17%, Purnama 14,1% dan Mandiri 6,7% sedangkan sisanya 11,2% desa tidak aktif,”Ujar Sekretaris Dinkes Prov.Riau itu saat pembukaan tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Rozita menerangkan untuk pertemuan ini dihadiri oleh Lintas Sektor dan Lintas Program yang terdiri dari penanggung jawab program Promkes Dinkes Kabupaten/Kota, Pengurus Pokja Kabupaten/Kota Desa/Kelurahan siaga aktif dan Posyandu, Kader Desa/Kelurahan siaga aktif dan Posyandu kabupaten/Kota, DPMD Kabupaten/Kota, juga dari Swasta dan lembaga dan masyarakat serta dari mahasiswa.

Diakhir sambutannya Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau berharap kepada peserta yang hadir mampu meningkatkan kinerjanya dan dengan pertemuan ini, derajat kesehatan masyarakat pun meningkat sesuai yang diharapkan.

“Saya berharap dengan pertemuan ini, bapak/ibu dapat memberikan perannya agar bisa menjadi desa yang proaktif dan maju dalam hal kesehatan serta mengajak masyarakat dalam gerakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan demikian target akhir dapat bertambahnya pengetahuan sehingga dapat diimplementasikan dan masalah yang ada dilapangan dapat diselesaikan,”Tutupnya.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.