Cegah AMR, Dinkes Riau Adakan Pertemuan Penggunaan Obat Rasional Dan Pelayanan Kefarmasian

Dalam rangka penerapan paradigma pelayanan kefarmasian yaitu konsep Pharmaceutical Care, Dinkes Riau mengadakan Pertemuan Peningkatan Penggunaan Obat Rasional (POR) dan Pelayanan Kefarmasian (Yanfar) Provinsi Riau di Hotel Alpha pada tanggal 26-28 Juni 2019.

Sebanyak 85 orang dari Dinkes Kab/Kota, Puskesmas Kab/Kota, Organisasi Profesi, dan Dinkes Provinsi Riau mengikuti pertemuan ini.

“Penggunaan obat dikatakan rasional menurut WHO apabila pasien menerima obat yang tepat untuk kebutuhan klinis, dalam dosis yang memenuhi kebutuhan untuk jangka waktu yang cukup, dan dengan biaya yang terjangkau baik untuk individu maupun masyarakat,” ungkap Kadinkes dalam kata sambutannya.

Lebih lanjut, Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir mengatakan diperlukan pengoptimalan pelayanan kefarmasian yang bersifat patient oriented dalam penggunaan obat dan perlu adanya peningkatan dalam pelayanan kefarmasian di fasilitas kesehatan untuk dapat lebih meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Dalam pertemuan ini juga dijelaskan mengenai Kebijakan Nasional Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat Rasional, langkah-langkah pencegahan AMR, Pelaporan pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat rasional di puskesmas, paparan hasil penelitian penggunaan anti biotika, serta hasil evaluasi pelayanan kefarmasina dan penggunaan obat rasional di Provinsi Riau tahun 2018.

Dikutip dari Word Health Organization (WHO), Antimicrobial Resistance (AMR) atau yang disebut Resistensi Antimikroba adalah kemampuan mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan beberapa parasit untuk tidak merespon kerja antimikroba dalam melawan mikroorganisme tersebut atau dalam kata lain antimikroba menjadi tidak mempan terhadap mikroorganisme.

Adapun salah satu upaya untuk pencegahan AMR adalah dengan Tanya Lima O pada apoteker atau dokter yang memberikan obat. Tanya Lima O terdiri dari Obat ini apa nama dan kandungannya? , Obat ini apa khasiatnya? , Obat ini berapa dosisnya? , Obat ini bagaimana cara penggunaannya? , dan Obat ini apa efek sampingnya?.

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.