Bersempena Dengan HUT RI Ke 74, Kabupaten Rokan Hilir Bekerja Sama Dengan Dinkes Riau Adakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Rokan Hilir (dinkes.riau.go.id) - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran,  kemauan,  dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kamis (29/08/2019) Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkerja sama Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir (ROHIL) melaksanankan Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup sehat dan permainan pesta rakyat, besempena dengan perayaan HUT RI ke 74 di lapangan KONI Bagansiapiapi. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bupati Rohil H. Suyatno yang didampingi oleh Wakil Bupati Drs. Jamiludin beserta jajarannya dan Forkompinda Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan apresiasinya kepada ketua panitia penyelenggara acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan ketua panitia HUT RI ke 74 yang mana beliau mengungkapkan bahwa “ dari tahun ke tahun pelaksanaan kegiatan GERMAS dan perayaan HUT RI di Kabupaten Rokan Hilir selalu ada peningkatan” ucapnya.

Kegiatan ini sendiri dimulai dengan senam pagi bersama, lomba lari meraton 10 kg dan perlombaan permainan rakyat seperti tarik tambang, panjat pinang dan lain-lain. Selain dilaksanakannya kegiatan perlombaan, Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir juga melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang mana biasa disebut dengan GERMAS.

Dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Rokan Hilir adanya beberapa kegiatan diantaranya pencanangan Germas oleh Bupati dan pemasangan PIN GERMAS kepada Forkompimda dan Ka OPD di Kabupaten Rokan Hilir, pencanangan bulan penimbangan, pemberian Sertifikat Bayi lulus ASI Eksklusif, Pemberian Kapsul Vitamin A, Gerakan Minum Bersama Tablet Tambah Darah bagi Remaja Putri dan adanya pemeriksan kesehatan gratis, makan buah bersama dan adanya stand Buje Jamu (Bugar dengan Jamu).

Dilaksanankannya kegiatan Germas ini bertujuan untuk menyamakan persepsi serta membuat komitmen bersama untuk dilaksanakannya program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bagi masyarakat dan Stake Holder di Kabupaten Rokan Hilir dan juga untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini Plh. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dr.Yohanes, M.Si, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Riau Drs. Dedi Parlaungan, MH, Kasi P3M Dinkes Riau Yenventris, SKM, M. Kes dan Kasi Promosi Kesehatan Rozita.

Jenis Publikasi: 

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.