Bentuk Pos UKK Untuk Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja

“Upaya Kesehatan Kerja atau sering disebut UKK merupakan salah satu program yang perlu dikembangkan dan dibina untuk memenuhi kebutuhan SDM yang berkualitas dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja,” Terang Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau Drs.Dedi Parlaungan,Apt saat membuka acara Orientasi Pembentukan POS UKK di Hotel Furaya Pekanbaru Senin lalu (02/10/2017).

Berdasarkan data International Labout Organization (Organisasi Buruh Internasional) pada tahun 2013, tercatat pekerja meninggal dunia karena kecelakaan kerja setiap 15 detiknya serta sebanyak 160 pekerja yang mengalami sakit akibat kerja.

Kabid Kesehatan Masyarakat yang akrab disapa Pak DP itu menjelaskan, sampai dengan tahun 2016 jumlah Puskesmas di Provinsi Riau telah mencapai 213 Puskesmas dengan wilayah kerja yang luas dan sasaran masyarakat yang besar, termasuk masyarakat pekerja. Karena setiap wilayah kerja Puskesmas memiliki karakteristik pekerja yang berbeda-beda, perlu penanganan secara khusus mengingat faktor resiko yang berbeda.

Pada Orientasi Pembentukan POS UKK yang dihadiri oleh Pengelola Program Kesehatan Kerja, Kepala Puskesmas serta Pengelola program Kesehatan Kerja di Puskesmas Kab/Kota ini bertujuan memberikan pemahaman dan pemantapan agar terbentuknya POS UKK di setiap Puskesmas di masing-masing Kab/Kota.

Pak DP berharap dengan adanya Pertemuan Prientasi Pembentukan POS UKK ini, pengelola mampu melaksanakan pembentukan POS UKK di wilayah kerja Puskesmas sehingga angka penyakit akibat kerja serta kecelakan akibat kerja dapat berkurang serta saling terintegrasi dalam penanganan masalah kesehatan pada pekerja, khususnya pekerja pada skala usaha mandiri, mikro dan kecil melalui Unit Kegiatan Berbasis Masyarakt (UKBM).

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.